Rabu, 29 Juli 2020

Perawatan dan Perbaikan Peralatan Listrik Rumah Tangga: PENANAK NASI LISTRIK (RICE COOKER)

Penanak Nasi Listrik (Rice Cooker)


Penanak Nasi Listrik

Penanak nasi atau rice cooker juga merupakan peralatan listrik yang paling banyak dipakai dirumah tangga. Penanak nasi atau rice cooker ini bekerjanya cukup lama, sehingga alat ini sering disebut dengan slow cooker. Peralatan ini memungkinkan digunakan pada rumah tangga, karena pemakaian dayanya dimulai dari 350 watt, 500 watt, 800 watt dan seterusnya. Bentuk dari alat penenak nasi listrik tersebut ditunjukkan pada gambar dibawah ini :

1. Dilihat dari konstruksi
Rice cooker ini pada dasarnya terdiri dari beberapa bagian pokok :
a. Pan bagian dalamnya yang digunakan untuk menempatkan beras yang akan ditanak terbuat dari logam atau aluminium yang dilapisi dengan bahan anti lengket.

b. Elemen pemanas.
Letak elemen pemanas pada rice cooker tertentu dililitkan pada bagian samping pan bagian dalam. Untuk jenis seperti ini apabila elemen rusak dapat diperbaiki. Tetapi pada kebanyakan rice cooker yang diperdagangkan sekarang elemen pemanasnya biasa ditempatkan dalam bagian atau pipa yang solid atau permanen, sehingga apabila rusak sukar untuk diperbaiki.

c. Rumah bagian luar (out case), merupakan pelindung dari pan bagian dalam dan elemen. Pada bagian ini biasanya terdapat sakelar dan terminal untuk kabel tenaga (power). Sakelar umumnya mempunyai 2 kedudukan yaitu kedudukan cooking dan warm.

d. Kabel tenaga atau sumber (power)
Kabel tenaga (power) ini biasanya terdiri dari tusuk kontak untuk kesumber listrik dan kontra steker untuk keterminal pada peralatan. Apabila peralatan tidak dipakai kabel dapat dilepas dan disimpan terpisah, agar tidak cepat rusak.

e. Tutup rice cooker
Kebanyakan rice cooker mempunyai dua buah tutup yaitu satu tutup untuk pan bagian dalam dan yang satunya tutup pada bagian atas yang dilengkapai dengan klem.
Gambar dibawah ini adalah bagian-bagian dari rice cooker secara lengkap :
Bagian Rice Cooker


2. Perawatan untuk Rice Cooker
Pada umumnya perawatan pada rice cooker relatif ringan, dimana perawatan biasa dilakukan terhadap fisik, kelistrikan dan sedikit bagian mekanik. Perawatan terhadap fisik peralatan yaitu dalam bentuk pembersihan bagian-bagian peralatan seperti pan bagian dalam dan rumah bagian luar. Untuk membersihkan bagiandalam cuup dengan air dan sabun atau vim. Sedangkan untuk membersihkan bagian luarnya agar tidak mudah berkarat harus selalu keringdan bila mungkin diberi bahan anti karat atau bila catnya sudah rusak dilakukan pengecatan kembali.

Pada pemeliharaan kelistrikannya antara lain harus dijaga kabel tenaga (power) tidak sering tertekuk dan perhatikan sakelar, apabila nasi telah masak pastikan bahwa sakelar dalam posisi off atau warm. Setiap kali akan menggunakan yakinkan bahwa tidak ada benda lain yang berada dibagian dalam antara pan dengan bagian dasar rice cooker yang dapat mengganggu proses menanak nasi.

3. Perbaikan pada Rice Cooker
Bagian –bagian yang memungkinkan terjadi kerusakan pada rice cooker antara lain adalah :
a. Kabel tenaga (power), putus atau isoolasi terkupas. Cara memperbaikinya bila memungkinkan diperbaiki atau diisolasi pada bagian yang rusak, tapi kalau kabel sudah cukup tua dn pendek sebaiknya diganti dengan yang baru.

b. Sakelar, yng kerusakkannya pada bagian mekanik seperti pegas dan kotak kontaknya. Karena model sakelarnya tidak umum dijual dipasaran bila rusak memerlukan perbaikan dan dimodifikasi.

c. Elemen pemanas, kerusakan pada elemen pemanas biasanya disebabkan oleh kesalahan tegangan, dimana biasanya dipakai untuk tegangan 110 volt kemudian dipakai pada tegangan 220 volt. Penyebab lainnya adalah karena kurangnya pemeliharaan, sehingga pelindung elemen rusak dan elemennya putus atau terhubung singkat dengan badan.Untuk merk tertentu elemen pemanas ini ada dijual satu sat, tetapi kebanyakan merk kerusakkan elemen susah diperbaiki.

d. Pengatur panas, alat ini dilengkapi dengan pengatur atau pembatas panas dari bimetal, kerusakkan pada bimetal dapat menyebabkan rice cooker tidak panas atau panas menjadi terlalu tinggi. Untuk itu bimetal perlu diperbaiki dan diset ulang atu diperbaiki.

Berikut salah satu perbaikan rice cooker.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar