Rabu, 16 September 2020

Perawatan dan Perbaikan Peralatan Listrik Rumah Tangga: PENGERING RAMBUT (HAIRDRYER)

Pengering Rambut (Hairdryer)

Pengering Rambut (Hairdryer) adalah perangkat elektromekanis yang menghembuskan udara sekitar atau udara panas ke rambut lembap untuk mempercepat penguapan air untuk mengeringkan rambut. Pengering rambut memiliki elemen pemanas berupa spriral panjang yang dililitkan pada kerangka tahan panas dari bahan mika panas. Adapun motor penggerak baling-baling pada pengering rambut yakni motor DC. Ciri-ciri motor pengering rambut yakni memiliki putaran yang tinggi serta Kontruksinya sangat sederhana dan tidak terlalu besar. Daya pemanas pengering rambut ini sekitar 250 waat hingga 1000 Watt (disesuaikan dengan kebutuhan). Pengering rambut ini Memey penyearah arus sehingga menggunakan motor-motor DC.

A. Komponen Pengering Rambut (Hairdryer)

Pengering rambut merupakan peralatan yang mengubah energi listrik menjadi energi panas. Adanya alat ini, rambut akan lebih cepat kering. Pengering rambut terdiri atas beberapa komponen. 

Bagian Luar Pengering Rambut

Bagian Dalam Pengering Rambut

Komponen-komponen pengering rambut terdiribsebagai berikut:

1) Motor Listrik

Motor Pengering Rambut

Motor listrik berfungsi untuk memutarkan kipas penghembus udara panas. Motor ini menggunakan kutub permanen, sedangkan rotornya sama dengan rotor motor dc (arus searah) seperti motor pada tape recorder.

2) Thermostat 

Thermostat Pengering Rambut

Thermostat berfungsi sebagai sebagai pengaman panas, thermostat ini akan mematikan elemen pemanas bila panas pada elemen pemanas berlebihan dan akan bekerja kembali bila temperatur pada elemen pemanas sudah turun hal ini terus berlanjut.

3) Elemen Pemanas

Elemen Pemanas Pengering Rambut

Elemen pemanas terdiri dari kawat nekelin yang dililitkan pada bahan isolasi mika tahan panas. Elemen pemanas berfungsi untuk menghasilkan panas pada pengering rambut.

4) Saklar

Saklar Pengering Rambut

Saklar ini terdiri dari 2 sakla yaitu saklar on/off yang berfungsi untuk menjalankan motor dan elemen pemanas. Saklar pengatur panas berfungsi untuk menghubungkan dan mematikan elemen pemanas. Saklar ini ditempatkan pada pegangan pengering rambut (hairdryer) untuk memudahkan operasinya.

5) Kipas

Kipas Pengering Rambut

Kipas berfungsi untuk mengelurakan panas pada pengering rambaut (hairdryer). Panas akan keluar jika menggunakan kipas ini.

B. Prinsip Kerja Pengering Rambut

Ketika rangkaian diberi sumber tegangan sakelar di ON kan dan sakelar diletakkan di 0 maka rangkaian akan bekerja tetapi akan lebih lambat karena arus masuk di semua beban yaitu elemen pemanas karena P =V2/R maka daya yang keluar akan lebih sedikit karena factor pembaginya lebih besar namun jika sakelar di 1 maka factor pembaginya kecil karena arus hanya melewati ¾ beban yaitu elemen pemanas sehingga daya yang dihasilkan akan lebih besar dan motor akan semakin cepat perputarannya serta lebih panas, rangkaian akan tidak bekerja jika sakelar di OFF kan.

Blower langsung menggerakkan rotor untuk memutar baling-baling angin dengan motor, saat baling-baling angin berputar, udara dihirup dari saluran masuk, dan aliran udara sentrifugal yang dibentuk olehnya dilepas oleh mulut depan silinder udara, saat Melewati udara, jika kawat pemanas dipasang pada braket pemanas di mulut angin telah dinyalakan, angin panas ditiup, dan angin panas ditiup keluar jika saklar tidak membuat kawat pemanas panas. Pengering rambut ini untuk mencapai tujuan pengeringan dan pembentukan.

C. Langkah Kerja Pengering Rambut (Hairdryer)

1) Pada saat kabel penghubung terhubung ke stop kontak listrik maka listrik akan masuk ke saklar pengatur kecepatan.

2) Bila kita menekan tombol pengatur kecepatan maka listrik akan mengalir dari kabel penghubung ke saklar lalu diteruskan ke motor penggerak kipas dan filament (lilitan pemanas) maka berputarlah motor untuk menggerakan / memutar kipas, bersamaan dengan itu maka filament akan menjadi panas akibat dialiri listrik.

3) Dengan berputarnya kipas dan memanasnya filamen maka udara dari luar akan dihembuskan atau didorong oleh kipas untuk melewati lorong yang dindingnya dikelilingi oleh filamen panas, dengan begitu udara yang dihembuskan oleh kipas akan terdorong keluar dalam keadaan panas karena dipanaskan oleh filament.

4) Saat tombol pengatur kecepatan berada pada posisi low maka putaran motor penggerak kipas sedang pada posisi putaran lambat sehingga udara yang dihembuskan lebih sedikit.

5) Bila saklar pengatuir kecepatan motor berada pada posisi high maka putaran kipas akan lebih cepat sehingga udara panas yang dihembuskan akan lebih banyak. begitulah seterusnya kipas dan filamen akan bekerja bersamaan bila tombol pengatur kecepatan motor pada posisi on.

D. Perawatan Pengering Rambut (Hairdryer)

Hair drier dikatakan baik bila dalam pengujian :

1) Tegangan yang dipakai sesuai dengan plat nama pada alat tersebut.

2) Elemennya tidak ada yang putus setelah diuji dengan Ohm meter.

3) Kabel penghubung dan hubungan ke saklar baik setelah diuji dengan ohm meter.

Langkah-langkah perawatan dan pemakaian :

1) Sesuaikan tegangan sumber dengan tegangan kerja dari alat pengering rambut.

2) Lakukanlah pembersihan kotoran pada peralatan secara berkala, seperti: saklar, kipas dan tutup depan alat pengering.

3) Bila kipas macet atau lambat berputar, berilah pelumasan pada poros motor.

4) Lepaskan sekrup tutup rumah dan periksa panjang sekrup-sekrup tersebut.

5) Perlu pemeriksaan apakah ada bagian kawat yang putus jika suatu elemen pemanas tidak bekerja. Jika demikian maka lepaskan sekrup-sekrup dan gantilah dengan elemen yang baru.

E. Masalah-masalah yang Sering Terjadi pada Pengering Rambut (hairdryer) dan Mengatasinya.

1) Motor

Jika motor tidak berputar, maka bongkar pesawat dan putar poros motor dengan tangan.  Jika terlalu keras untuk berputar, lumasilah motor dengan minyak RT ringan minyak mesin jahit juga baik. Putar poros lagi hingga berputar dengan bebas. Kadang-kadang pesawat akan berputar secara normal dan kemudian dengan tiba-tiba mulai menghembuskan udara dingin; ini disebabkan oleh putaran motor yang lambat.

Debu dan rambut yang  terbawa oleh aliran udara masuk pesawat dapat terus masuk bantalan motor, memperlambat putaran motor dan menyebabkan panas lebih dan berhenti. Keluarkan kipas dan bantalan, dan bersihkan kipas, bantalan, dan poros motor.

2) Kipas

Jika pengering rambut tidak dapat menghembuskan secara total, atau jika ia tidak dapat menghasilkan udara panas dalam jumlah yang cukup, kipas mungkin terikat sebab kotor atau lilitan rambut yang melingkar pada sudut-sudut kipas. Maka Bongkarlah pesawat  dan bersihkan poros motor dan bantalan putaran kipas. Lumasilah bagian2 ini dengan minyak RT yang ringan - minyak mesin jahit juga baik. Putar kipas dengan tangan untuk mengujinya. Jika kipas belum dapat berputar dengan mudah, gantilah kipas dengan yang baru yang sejenis.

3) Sakelar

Banyak pengering rambut mempunyai sakelar ON/OFF yang mengontrol motor dan satu atau dua sakelar tambahan - jika ada 2 elemen pemanas, dimungkinkan ada 2 (dua) sakelar - yang mengatur kedudukan pada elemen pemanas. Sakelar-sakelar ini biasanya disambungkan seri; jika motor tidak berputar sebab sakelar ON/OFF tidak bekerja, elemen tidak akan panas. Jika motor berputar tetapi tidak ada panas yang keluar, sakelar pengontrol elemen pemanas mungkin rusak. Jika elemen di antara kedua elemen pesawat tidak juga panas, ceklah pengamana beban lebih sebelum pengetesan sakelar elemen.

Sakelar sering tidak berfungsi sebab kotor. Jika motor tidak berputar atau elemen tidak panas, bersihkan sakelar dengan pembersih kontak, seperti diuraikan di atas. Jika permasalahan ini tidak terpecahkan, dan jika elemen pemanas dan motor tidak tidak rusak, teslah sakelar dengan AVO, set pada skala Rx1, meter harus terbaca nol. Jika sakelar rusak, gantilah dengan yang baru yang sejenis. Sambungkan sakelar baru dengan cara yang sama seperti pada sambungan yang lama.

4) Elemen Pemanas

Beberapa pengering rambut mempunyai  sebuah elemen pemanas; beberapa mempunyai 2 elemen. Jika pesawat mati saat digunakan, dan pengaman beban lebih tidak rusak, permasalahan biasanya terjadi kerusakan pada elemen pemanasnya. Buka pesawat dan ujilah elemen. Jika elemen rusak, longgar, atau menggantung, itu harus diganti. Gantilah dengan elemen baru yang sejenis.

5) Pemanasan Lebih

Karena panas yang dihasilkan oleh elemen sangat tinggi, pesawat mempunyai pengaman beban lebih, yang akan mematikan putaran elemen pemanas saat panas yang dihasilkan terlalu tinggi. Jika pesawat berhenti berputar saat digunakan, putuskan sambungan pesawat ke sumber daya dan biarkan pesawat sampai dingin selama 30 menit atau lebih; kemudian ceklah lagi. Jika pesawat bekerja, permasalahan adalah panas lebih yang sederhana; pengaman panas beban lebih telah memutuskannya dan, begitu pesawat dingin,   maka akan mereset sendiri. Jika pesawat tidak bekerja setelah pendinginan selama 30 menit, pengaman beban lebih - dalam banyak hal adalah thermostat thermodisc (keping-panas) - biasanya ditempatkan pada rumah elemen pemanas.

Tabel Daftar Mencari Kesalahan Pada Pengering Rambut (Hairdryer)

NoKemungkinan
Kerusakan
Kemungkinan Penyebab
Kerusakan
Pemecahan
1.Pengering Rambut
Tidak bekerja
• Tidak ada tegangan• Periksa label penghubung tusuk-kontak
dan kotak-kontak.
• Periksa sekering. MCB pada panel.
• Perbaiki rangkaian.
• Saklar ON/OFF kotor• Bersihkan saklar ON/OFF atau beri
minyak pelumas.
• Saklar ON/OFF rusak• Periksa Saklar. Jika rusak ganti baru.
• Kabel tusuk kontak rusak• Periksa kabel. Jika rusak ganti baru.
• Periksa kondisi mekaniknya, kemungkinan
laker atau kipas tersangkut benda lain.
• Periksa kawat soul kemungkinan putus
atau terbakar, jika putus sambunglah
dengan cara dibersihkan dan di solder, jika
kebakar lilitlah ulang (rewinding).
2.Pengering rambut
bertegangan
• Motor rusak• Periksa kabel penghubung kemungkinan
ada yang lecet, ganti dengan yang baru.
• Hubungan singkat pada
sistem kelistrikan
• Periksa kelistikannya, kemungkinan ada
kabel yang lecet didalam hubung dengan
body, hindari kabel tersebut.
3.Pengering rambut
panas tetapi kipas
tidak berputar
• Kipas kotor, perlu
pelumasan.
• Bersihkan dan lunasi kipas.
• Poros motor perlu
pelumasan
• Lunasi poros dan lumasi bantalan motor.
• Motor rusak• Periksa kawat spul kemungkinan putus
atau terbakar, jika putus sambunglah
dengan cara dibersihkan dan di solede,
jika terbakar lilitlah ulang (rewinding).
• Periksa komutator, kemungkinan sudah
tidak rata, pecah, aus, dan lain-lain.
Gantilah rotor atau lilitlah ulang jika
memungkinkan.
4.Kipas berputar
tetapi tidak panas.
• Elemen saklar kotor• Bersihkan elemen saklar atau kontak
saklar.
• Elemen saklar rusak• Gantik saklar jika tidak mungking bisa
diperbaiki.
• Thermostat rusak• Periksa Thermostat. Jika rusak ganti yang baru.
• Elemen pemanas rusak• Gantilah elemen jika sudah tidak bisa
diperbaiki.

F. Memperbaiki Pengering Rambut (Hairdryer)

Berikut langkah-langkah memperbaiki Pengering rambut secara benar dan step by step

1. Perbaikan Pengering Rambut yang Tidak Mengeluarkan Angin

Cara memperbaiki Pengering rambut yang tidak mengeluarkan angin, yaitu sebagai berikut. 

a) Buka penutup pengering rambut dengan membuka dari bautnya.

b) Lihat pada bagian kipasnya. Jika kotor, bersihkan kipas tersebut menggunakan kuas yang lembut agas kipas dapat berputar tanpa terhambat oleh kotoran.

c) Selain itu, dapat juga memeriksa motor penggerak kipas dan melumuri bagian motornya tersebut dengan minyak pelumas.

d) Jika sudah dilakukan langkah (b) dan (c) namun belum berhasil, hal yang dapat dilakukan yaknik mengganti motor penggerak tersebut dengan motor penggerak yang baru. Saat membeli motor penggerak pastikan jenisnya sesuai dengan motor penggerak yang rusak sehingga dapat berfungsi sebagaimana mestinya.



2. Perbaikan pada Pengering Rambut yang Mengeluarkan Bau Hangus seperti Terbakar

Cara memperbaiki Pengering rambut yang mengeluarkan bau hangus seperti terbakar yaitu sebagai berikut.

a) Buka baut pada bagian bodi pengering rambut sehingga dapat dilihat komponen isi pengering rambut.

b) Periksa bagian penarik udara dari luar dan lihat pada elemen pemanas apakah ada debu-debu. Jika ada, bersihkan dengan lembut dan perlahan menggunakan kuas.

c) Pastikan juga pada bagian pengatur suhu dan bagian-bagian lainnya untuk dibersihkan semuanya sehingga tidak berdebu.

d) Tutup kembali pengering rambut tersebut dengan baut-bautnya dan pasang secara erat. Coba dihidupkan kembali.

Jika mengikuti langkah-langkah tersebut dengan benar, pasti masalah pengering rambut yang mengeluarkan bau hangus dapat terselesaikan. Karena bau juga berasal dari debu yang terkena suhu panas.

3. Perbaikan pada Pengering Rambut Tidak Hidup Ketika Ditekan Sakelarnya

Cara memperbaiki Pengering rambut yang tidak hidup ketika ditekan sakelarnya, yaitu sebagai berikut:

a) Buka baut pengering rambut dan periksa sakelar tersebut.

b) Pada bagian sakelar, dapat dibersihkan menggunakan kuas.

c) Kemudian, periksa sambungan kabelnya apakah ada yang putus atau tidak. Jika ada kabel yang terputus dapat dilakukan penyambungan kabel dengan menggunakan solder.

d) Jika sudah mencoba namun sakelar tidak berfungsi lagi, dapat diganti dengan sakelar yang baru yang sejenis dengan sakelar tersebut.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar